Thursday, August 11, 2011

LAPTOP KU SAYANG, LAPTOP KU MALANG

pas taon 2010, gue lagi sibuk-sibuknya ngurus yang namanya TA (baca : Tugas Akhir, semacam skripsi lah) di kampus gue. berhubung kalo ngurus TA itu pasti terombang-ambing dilempar kemana-mana, dalam bahasa yang mungkin lebih susah dimengerti : cari bahan kemana-mana, jadi gue putusin buat punya laptop. tau laptop kan? bukan, laptop bukan baju cewek yang kebuka dan tipis ngepres banget ama tubuh ampe siluet badannya keliatan banget (itu tank top kaleee). laptop adalah : ehm..ehm..sebuah komputer mini, cuma itu yang bisa gue ungkapin.
sebenernya, keinginan gue buat punya laptop itu udah dari gue masih semester 2, namun apa daya, membaca saja aku sulit, loh? gak nyambung. saat itu emang keuangan keluarga gue parah abis, buat makan aja gue mesti ngais-ngais bak sampah, gue anak kuliahan ato gembel nih?.
miracle terjadi pas gue semester 5, kalo gak salah. bokap gue ngasih gue beberapa lembar kertas warna merah, pas gue liatin dengan seksama, ternyata itu duit! DUIT INI!! bokap gue mau gue beli laptop sendiri, yang sesuai dengan keinginan gue. mantab.
JRENG..JRENG..JREEEENG. besoknya, dikamar gue, udah nongol yang namanya laptop. tipe acer 4540. gue kasih nama : Irenk. kenapa Irenk? suka-suka gue, laptop gue ini. cewek gue saat itu malah nanya :
‘kok dikasih nama Irenk?’
‘soalnya warnanya item.’
‘coba liat bener-bener, ini warnanya biru gelap.’ (buka kamus! irenk : Item. gak dapet dimana-mana? gak usah dipikirin)
‘… -__- … iya sih.’ ujar gue dalam hati.
‘ini warnanya item!’ karena gak mau malu, gue tetep ngotot.
‘biru gelap!’ ujarnya lagi.
‘item!’ gue bales lagi.
‘biru gelap!’
‘item!’

hening.

‘sayang, kamu tau gak?’ ini dia yang ngomong.
‘tau apa?’
‘kita ngeributin hal yang gak penting.’

gue ngerasa bego.

tiba saatnya gue ngerjain TA, semua game dalam laptop gue pada gue hapusin. mulai dari FootballManager2009 ampe PES2010. supaya laptopnya gak berat, ngerti donk.
TA yang gue ambil adalah komik. gak jelas kan? TA kok malah bikin komik. walopun begitu, gue tetep dibikin tidur pagi mulu ama nih tugas. kadang gue tidurnya dirumah, kadang dikontrakkan temen gue, kadang dijalan. lah, mirip geladangan. gue ngerjain tuh TA dimanapun gue berada. paling sering gue ngerjainnya dikontrakkan, kenapa? kalo ditengah jalan, nyawa gue terancam bahaya.
pernah suatu ketika, temen gue yang namanya Cecep udah selesai sidang TA duluan, jadi gue nagih janjinya saat sebelum dia sidang :
‘makasih loh win, udah bantuin TA gue.’
‘iyo.’
‘nanti kalo gue udah selesai sidang, gue bantuin elo deh.’
‘iyo.’

dimulailah petaka buat cecep mulai malam itu. ceritanya begini. gue ama cecep bagi tugas masing-masing buat editing gambar komik gue pake CorelDRAW, abis itu, kami kerja di tempat terpisah. gue kerja diruang tamu kontrakkan, cecep kerja diruang tengah kontrakkan. gak berapa lama, cecep nyamperin gue.
‘win, ini teks box-nya pake font apa?’
‘kosongin aja dulu, ntar gue sendiri yang isi.’
cecep kembali ke ruang tengah. setengah jam berikutnya dia teriak.
‘HAH? LAPTOP GUE KENAPA?’
‘kenapa cep?’ gue nyamperin.
‘gak tau ini, mati sendiri corelnya.’
‘coba buka lagi deh, siapa tau elo kepencet exit kali.’
‘ini gue coba ya.’

corelnya mati lagi.

‘tuh, tetep aja kan?’
‘wah, nasib sial tuh. laptop elo payah amat ya. wahahaha.’ gue ketawa kayak setan.
‘ini gara-gara bantuin komik elo monyet!!’ ujarnya sambil nebas kepala gue pake ganggang sapu. gue koma 3 bulan.
untungnya laptop cecep gak parah-parah amat. abis diinstal ulang, laptopnya baik lagi.

saatnya gue maju sidang. gue dag-dig-dug-mencret. badan gue gemeter, gue panas dingin. ini gugup ama meriang?. setelah hampir satu jam gue diinterogasi ama dosen, akhirnya gue pun lulus mengenaskan, salah, memuaskan. seneng gue bertambah gede dengan sukses nyekak dosen, tau istilah skakmat dalam catur kan? gitu deh pokoknya. hidup itu indah.
abis sidang, game-game gue terdahulu yang gue hapus dari si Irenk gue revive lagi. nasib sial bagi si Irenk datang, abis TA bukannya si Irenk lepas dari yang namanya tugas, sekarang malah mati-mati dengan sebab yang gak jelas. contoh nih, pas gue asik-asik maen footballmanager2009, eh malah mati sendiri laptopnya. kalo udah gini, si Irenk gue banting. kiraen abis itu bisa baik, eh malah makin rusak. sial. (ya iyalah bego!!)
si Irenk makin parah pas gue mainin PES2010. baru setengah pertandingan, saat sang pemain berada dekat gawang, saat gue baru mau mencet tombol kotak buat bikin gol, saat gue udah mau teriak kegirangan karena mau menang, PET!, si Irenk koid. mantab. berhubung amarah gue memuncak, dan gue tipe orang yang gak mau marah gue diliat orang lain, jadi gue lempar aja si Irenk di atas kasur gue. ternyata kelewatan, gue ngelemparnya ke dinding! KE DINDING!! mampus gue. kalo si Irenk bisa ngomong, mungkin dia bakal bilang begini :
‘tega nian kau tuan, kembalikan hamba ke toko komputer. KEMBALIKAN HAMBAAA!!’
dramatis abis. gue jadi pengen nangis.
gue ngerasa bersalah banget ama si Irenk. apakah dirinya akan memaafkan daku yang telah melukai dirinya? oh, tidak bisa daku bayangkan. T.T . sori agak lebay.
gue tau, gak seharusnya gue men-kasari laptop kesayangan gue (soalnya cuma satu -satunya ini), si Irenk selalu ada dimanapun gue membutuhkannya, kecuali pas gue mandi, boker, makan, jalan ketempat temen. bahkan si Irenk udah gue anggap pacar sejati gue, dia selalu ngedengerin semua curhat-curhatan gak jelas gue tanpa komplen (namanya juga benda mati), dia selalu pasrah saat gue grepe-grepe badannya, tolong digaris bawahi, jangan piktor dulu. beda ama pacar beneran, baru curhat bentar, pasti udah langsung disela.
‘sayang, aku mau cerita nih.’ ini gue.
‘aduh sayang, jangan sekarang ya, aku lagi nonton.’ gak jadi cerita.
‘sayang, aku mau cerita nih.’ ini juga gue.
‘duh sayang, nanti-nanti aja yah, aku kebelet pipis.’ gak jadi cerita juga.
‘sayang, aku mau cerita nih.’ ini gue lagi.
‘…zzz…’ lah, tidur orangnnya.

my laptop is the best. pokoknya gitu. gak ada laptop, gak tau deh gimana. idup gue mungkin jadi makin ngebosenin, gak ada yang dikerjain, gak bisa main game, gak bisa bikin cerita-cerita gak jelas kayak gini. gak bisa onlen gratis di café dekat rumah lagi (ok, gue emang belum punya modem saat itu. PUAS?!), gak bisa ngebantu orang ngerjain tugasnya (gue merangkap sebagai pembantu musiman). pokoknya, gak ada laptop, gue gagu.

1 comment: